Powered by Blogger.

Category

Tuesday, November 18, 2008

Hasil penelitian, Laptop Berbahaya Bagi Kesehatan

Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop) sudah menjadi perangkat umum digunakan masyarakat.

Tetapi ada penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan. Ukuran notebook yang kecil membuat penguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia.

Hal ini tergantung dari berapa lama. Professor Joseph Sweere dari Northwestern Health Sciences University dan Charlotte J. Schmitz dari Ergontron. Posisi yang salah akan menyebabkan rasa sakit, dengan posisi layar monitor notebook lebih rendah dari kepala dan tangan harus lebih tinggi untuk mengetik umumnya dapat membuat sakit di 3 titik yaitu persendian tangan, tulang punggung dan tulang leher.

Posisi yang benar adalah mata harus sejajar dengan layar computer atau notebook sehingga tulang leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan kearah monitor dan titik jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook
Untuk tangan harus membentuk sudut 90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya mengunakan adaptor pada keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak mengunakan keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan mata penguna.

Dibawah ini ilustrasi yang benar, bila anda ingin berlama lama mengunakan notebook.





(www.ketok.com)

1 comments:

Unknown said...

Hemm...kalo-kalo dipikir-pikir (napa mikir? he he) Teknologi gak ada yang aman buat manusia. Lepas dari manfaatnya buat manusia, teknologi juga memberikan peranan penting terhadap rusaknya lingkungan. Untuk itu kedepan, pakar-pakar sebaiknya memikirkan teknologi terbaru lengkap dengan analysis dampak lingkungan dan kesehatannya. Setuju gak?!

About Me


ShoutMix chat widget
free counters