Powered by Blogger.

Category

Saturday, November 22, 2008

200 ways to revive a hard drive

This is a situation that every tech support person has faced or will face at least once: a failed
hard drive.

In this particular case, a user was getting errors like "disk 0 error" and "invalid drive specification."
Here were the other facts in the case:

• The data wasn't backed up.
• The problem came out of nowhere.
• The user had accessed Setup and tried to manually enter the settings for the drive type when
"Auto" didn't work.
• There was no startup disk made by this machine.

Reviving a drive like that one—even if only long enough to copy its data before you throw the
drive in the garbage—is a tough challenge.

So..Do You want to know how to revive a hardrive…..???download complete e-book here

Membuat banner blog dengan FLASH INTRO AND BANNER MAKER



Merupakan aplikasi portable yang bisa digunakan untuk membuat berbagai bentuk banner blog yang dilengkapi dengan effect…..selain mudah dalam penggunaanya karena bersifat portable juga bisa di publish dalam bentuk GIF,SWF dan AFI

download programnya disini

Make Your PC Start Up Faster

When we want to start up our PC or laptop sometimes its need take a long time, and its wasting time, even when starting up my computer I can do something else while wait the windows opened, this is so annoying, I will share several tips to make your booting PC becomes faster. First you can cleaning the old file and need big space like movies, songs, image or anything that have big file size, you can delete it or you can move the file to your external hard disc or burn it into your CD, its can help your PC boot will faster, because when the PC booting the windows too hard to load this big file.

Other way is you must checking your Antivirus software, you can check is the program set automatically each time the windows is starting up? If yes you can stop this default, because some of antivirus using automatically scanning each time the windows are booted up, but not all antivirus does.

Your computer slowly maybe because you install too many unnecessary software, this can make your windows system work hard when boot up, the solution is you can uninstall the unnecessary software that you never use or you can add RAM memory to your PC, you can upgrade the Hard disc.

Other things is maybe your computer infected by virus and spyware or other Trojan, that make your windows system becomes so slow, the best way is you can scan it one b one on each directory partition or you can reinstall the windows, reinstall the windows is a good option but you can lose your data on C drive, so its better if you make backup file first, if you don’t want there virus or Trojan again and never want to scan virus again you may using deep freeze on your computer.

Windows Azure: Windows Masa Depan


Raksasa piranti lunak Microsoft mengumumkan Windows Azure, sebuah versi baru Windows yang lain dari biasanya. Disebut demikian karena Windows Azure adalah sistem operasi yang memanfaatkan konsep cloud computing alias berkomputer dengan memanfaatkan internet.

Apa maksudnya? Dengan Windows Azure, aplikasi akan dijalankan pada data center Microsoft dan bukan pada server sebuah perusahaan. Kemudian, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi itu asalkan terhubung ke internet.

"Ini adalah transformasi dari piranti lunak kami dan transformasi dari strategi kami," ujar Ray Ozzie, Chief Software Architect Microsoft.

Pengumuman Windows Azure dilakukan dalam Professional Developers Conference yang digelar Microsoft di Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Oktober 2008 waktu setempat. Azure akan menempatkan Microsoft bersaing secara langsung dengan penyedia jasa serupa, seperti Amazon, Salesforce.com dan Rackspace.

Belum ada rincian mengenai harga 'sewa' yang akan diterapkan Microsoft untuk Azure. Saat ini, Ozzie mengumumkan, Azure masih gratis bagi pengembang yang ingin mencobanya.

Microsoft pun berencana memanfaatkan Azure untuk berjualan beberapa piranti lunaknya yang biasanya dijual untuk digunakan pada server kantor. Semua piranti lunak Enterprise Microsoft, termasuk Exchange, dikabarkan akan menawarkan pilihan ini.

Jika sistem operasi 'tradisional' Microsoft seperti Windows Vista atau Windows 7 nantinya ternyata kurang 'laku', bisa jadi Azure akan menjadi masa depan bagi raksasa piranti lunak itu. Mungkinkah? (CNet/detik)
Thursday, November 20, 2008

Ponsel Bisa Berdampak Buruk Buat Kulit Kita?


Isu radiasi bagi pengguna ponsel bukan hal yang baru. Namun penyakit kulit gara-gara ponsel? Nah ini berita baru. Dan itulah yang dikemukakan oleh asosiasi dermatologis Inggris (British Association of Dermatologists - BAD).

Asosiasi yang beralamat di bad.org.uk ini memperingatkan para dokter tentang apa yang disebut “dermatitis ponsel”. Penyakit ini adalah ruam yang berkembang di wajah atau jari-jemari akibat kontak berulang dengan ponsel yang mengilat.

Eh serius, ini bukan lelucon. Menurut BAD, setelah kontak yang agak lama, nickel alloy di handset dapat menyebabkan kulit memerah dan gatal. Biasanya, si pipi atau wilayah telinga si penderita menjadi merah, dan muncul ruam-ruam yang gatal setelah ia berlama-lama menggunakan ponsel (akibat handset bergesekan dengan wajah). Ruam-ruam itu bahkan dapat menyebar ke jari-jemari mereka yang getol ber-SMS.

Dalam rilis pers-nya, BAD menuduh handset yang harganya lebih mahal sebagai biang kerok. “Penyelidikan yang lebih teliti mengungkapkan bahwa reaksi itu disebabkan oleh nikel dalam handset ponsel, yang sering ditemuan pada casing atau tombol-tombol ponsel, khususnya di model yang paling cantik,” begitu tulis BAD.

Pada studi yang dirilis lebih dulu tahun ini, para dokter di AS melakukan pengujian terhadap nikel di 22 handset populer dari delapan produsen, dan mendapatkan 10 di antaranya memang mengandung nikel.

“Hampir setengah dari ponsel yang kami spot tested itu mengandung nikel bebas. Tombol-tombol menu, logo dekoratif di headset dan bingkai metalik di sekitar layar LCD adalah tempat (nikel) yang paling umum. Handset dengan desain yang lebih memikat seringkali memiliki akses metalik dan casing-nya lebih mungkin mengandung nikel bebas,” kata Dr Lionel Bercovitch (salah satu penulis studi dari Brown University, Rhode Island).

Sementara itu BAD mengatakan bahwa 30% penduduk Inggris menderita alergi terhadap nikel. Perempuan khususnya lebih mudah terjangkit dermatitis ponsel karena kulit mereka sudah sensitif terhadap nikel yang berasal dari perhiasan. BAD menyarankan mereka yang memiliki ruam di wajahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.(kompas)

Mengukur Kepopuleran Sebuah Situs


Mungkin belum ada cara yang benar-benar akurat untuk menghitung berapa jumlah situs aktif di Internet, tetapi tanpa menggunakan tools atau survai, kita sudah dapat melihat dengan kasat mata bahwa jumlah situs yang bertebaran di Internet bertambah relatif pesat dari hari ke hari, yang tidak akan ada habis-habisnya Anda kunjungi walaupun Anda berselancar di dunia maya selama 7x24 jam non-stop.

Tetapi di sisi lain, menemukan situs baru yang inovatif jarang-jarang ditemui, kebanyakan situs baru dibuat dengan mengambil ide dari situs yang pernah ada sebelumnya. Hasilnya, kita dapat melihat betapa banyak bertebaran situs blog, portal, wiki, game, berita, dan sederet klasifi kasi lainnya.

Karena itu, jika Anda memiliki ide brilian dan meluncurkan sebuah situs yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain, maka Anda harus menambahkan hati jika nantinya situs Anda memiliki kembaran, secara disengaja maupun tidak. Situs A mirip seperti situs B, situs B mirip seperti situs C, sebenarnya bukan menjadi hal yang tabu di Internet mengingat sedemikian banyak pengguna Internet yang tersebar di seluruh dunia dan luasnya kreativitas yang dapat dikembangkan pada sebuah situs, sehingga justru semakin memperluas informasi yang dapat diakses pengguna.

Walaupun mungkin ada saja plagiator yang mencontek secara total ide, desain, atau bahkan konten situs tertentu. Tetapi seiring waktu berjalan, situs tiruan pun harus menemukan jati diri sendiri untuk dapat tetap bertahan dalam rimba informasi bernama Internet.

Dari sekian banyak situs yang bebas diakses oleh siapapun, baik yang menawarkan kreasi baru ataupun menjadi follower, ada satu persamaan yang dimiliki, yaitu semua situs tersebut ingin menjadi popular. World wide web bagaikan etalase rak-sasa yang memajang jutaan situs yang berlomba-lomba ingin menjadi yang terdepan.

Mengukur Popularitas
“Tolong buatkan saya situs yang jika di cari pada search engine akan tampil pada daftar 10 teratas”, demikian permintaan seorang juragan kambing yang tidak ketinggalan ingin mempopularkan bisnisnya di Internet.

Biasanya web developer akan mati-matian menjelaskan betapa sulitnya mengharapkan sebuah situs tampil terdepan pada search engine, dan akhirnya mengeluarkan istilah-istilah sakti, seperti search engine optimization, search algorithm, meta tag, keyword, web crawler, dan sebagainya, dengan harapan sang juragan kambing memaklumi jika situsnya nanti tidak sepopular harapannya.

Sebenarnya Anda cukup mengatakan terdapat sekitar 250.000 halaman baru yang bertambah setiap harinya di Internet dan silakan membayangkan jika semuanya ingin tampil teratas pada search engine.

Jangan lupa mengatakan berita baiknya, yaitu terdapat lebih dari 1 milyar pengguna Internet di seluruh dunia, dan angka tersebut bertambah setiap harinya. Jadi walaupun sebuah situs tidak menempati peringkat atas pada search engine, bukan berarti situs tersebut tidak popular.

Lalu, bagaimana mengukur popularitas sebuah situs? Salah satu yang sering menjadi acuan adalah melihat dari frekuensi kunjungan pengguna. Terdapat beberapa cara yang akan kita bahas di bawah ini.

Web Counter
Sebuah web counter (lazim juga disebut hit counter) akan menghitung jumlah pengunjung yang mengakses situs Anda, web counter biasanya diletakkan pada halaman depan situsdan mungkin saja ingin ditunjukkan oleh pemilik situs denganfont ukuran besar jika jumlahnya fantastis, dan sebaliknya angkadengan font ukuran kecil jika jumlahnya minim (tergantungpada tingkat percaya diri sang pemilik situs!).

Bagi web desainer/developer yang tidak ingin repot melakukan pemrograman web counter, terdapat cukup banyak situs yang menawarkan jasa gratis perhitungan web counter. Cukupdengan menambahkan sederet kode program pada halamansitus Anda, dan akan tampil jumlah visitor yang mengakses situs Anda.

Sayangnya, web counter tidak selalu dapat dipercaya, selama angka pada web counter dapat dimodifikasi oleh pemilik situs. Saat ini web counter nyaris tidak menimbulkan kesan berarti bagi yang melihatnya, bisa jadi karena sudah terlalu umum, atau karena kurangnya kepercayaan pada angka yang tertera pada web counter.

Walaupun demikian, tidak tertutup kemungkinan Anda membuat web counter menjadi lebih menarik dengan sedikit kreativitas, misalnya dengan menampilkan jumlah pengguna yang sedang mengakses situs Anda, atau menampilkan web counter yang bergerak secara live. Salah satu contoh seperti yang ditawarkan pada situs http://www.chami.com/counter/classic/.

Statistik Web
Statistik web umumnya memberikan informasi yang lebih baik dibandingkan angka yang ditunjukkan pada web counter. Contohnya, Anda dapat melihat banyaknya kunjungan berdasarkan periode tertentu, atau dibagi sesuai letak geografis, atau menunjukkan berapa data transfer yang terpakai, dan informasi lainnya.

Pada statistik web, Anda tidak hanya dapat melihat dalam bentuk angka, tetapi juga dalam bentuk table dan grafik. Informasi seperti ini sangat berguna untuk menganalisis kunjungan situs secara lebih detail.

Statistik web mengambil data mentah yang berasal dari semua request yang ditujukan ke situs Anda (termasuk juga request yang gagal), request tersebut disimpan ke dalam sebuah log file pada web server. Log ini kemudian diproses oleh aplikasi web analytics dan ditampilkan menjadi laporan statistik web yang informatif.

Cara di atas tentunya memerlukan hak akses terhadap log file pada web server. Bagaimana jika kita ingin menghitung statistic sebuah situs tetapi tidak memiliki akses pada log file di web server? Caranya adalah dengan menggunakan JavaScript yang memberitahukan server third-party setiap kali sebuah halaman situs dipanggil oleh web browser, metode ini dikenal dengan nama page tagging.

Menampilkan statistik web dengan metode membaca log file ataupun page tagging memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Juga dimungkinkan untuk menggunakan metode hybrid yang menggabungkan kedua metode di atas dengan harapan dapat memberikan informasi statistik yang lebih akurat.

Beberapa contoh aplikasi web analytics adalah AWStats, W3Perl, Webalizer, phpMyVisites, dan sebagainya.

Web Rank
Daftar peringkat/ranking selalu digemari karena mudah dipahami dan langsung mengena pada sasaran. Adalah sesuatu yang memiliki daya tarik tersendiri jika menampilkan daftar seperti: orang-orang terkaya di dunia, film-film terbaik pemenang oscar, dan seterusnya. Bagaimana dengan daftar web terpopular?

Salah satu penyedia informasi tersebut adalah Alexa Internet, Inc (http://www.alexa.com). Sebuah perusahaan subsidiary dari Amazon.com. Peringkat pada alexa diambil berdasarkan kunjungan pengguna Alexa Toolbar untuk Internet Explorer dan sidebar terintegrasi di dalam Mozilla dan Netscape.

Walaupun terdapat kontroversi mengenai akurasi informasi yang ditampilkan Alexa, tetapi informasi yang ditampilkan cukup baik digunakan sebagai acuan popularitas sebuah situs secara umum.

Tentunya situs yang termasuk dalam daftar 500 besar alexa. com merupakan situs yang sudah tidak diragukan lagi popu-laritasnya. Sebaliknya jika situs Anda masih dalam peringkat yang kurang baik menurut Alexa, maka mungkin hal tersebut merupakan indikasi bahwa Anda harus memperbaiki layanan situs atau memperkenalkan situs Anda lebih luas lagi. Anda dapat melihat informasi peringkat situs tertentu dengan mengetikkan alamat situs yang ingin dicari melalui situs alexa.com ataupun dengan cara menginstal Alexa Toolbar, atau menggunakan extension SearchStatus untuk Mozilla Firefox.

Metode lain diperkenalkan oleh Google dengan PageRank. PageRank mengukur bobot suatu situs dari skala 0–10 dengan algoritma tertentu berdasarkan analisis terhadap link, yang akhirnya menunjukkan seberapa tinggi tingkat kepentingan (importance) suatu situs.

Semakin tinggi nilai PageRank Anda, maka semakin berbobot situs Anda, dan tentunya juga berarti semakin popular. Karena perhitungan PageRank berdasarkan link, maka timbul usaha-usaha memperbanyak link dengan tools dan programiklan text-link. Hal ini kemudian menyebabkan akurasi kualitas situs yang memiliki PageRank tinggi dipertanyakan, karena itu Google secara aktif mulai memberikan penalti bagi situs yang menjual text-link untuk mempertahankan akurasi penilaian PageRank. PageRank dapat ditampilkan melalui Google Toolbar atau extension SearchStatus pada browser Mozilla Firefox.

Popularkan Situs Anda!
Memang menyenangkan jika situs Anda menempati peringkat yang tinggi dan memiliki statistik yang baik, tetapi bagaimana cara mempopularkan situs Anda?

Sebelum Anda meneruskan membaca bagian ini, sebelumnya perlu selalu kita sadari bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik, biasanya tidak atau jarang sekali dapat dicapai secara instan dan tanpa usaha maksimal.

Demikian juga dengan popularitas situs Anda, yang merupakan suatu proses yang harus dibangun dengan sungguh-sungguh. Beberapa caranya adalah:

1. Buat hubungan timbal-balik yang saling menguntungkan dengan bertukar link pada situs lain.
2. Terjun ke komunitas seperti forum, blog, mailing list, dan perkenalkan situs Anda dengan cara yang sopan dan tidak melanggar etika komunitas di mana Anda berada. Bahkan kadang cukup menaruh link pada footer (jika diizinkan), Anda mungkin akan mendapatkan beberapa pengunjung baru.
3. Tekankan pada kualitas dan bukan pada kuantitas. Lebih baik mendapatkan 10 pengunjung situs yang menghabiskan waktu rata-rata di atas 30 menit berada dalam situs Anda, dibandingkan 100 pengunjung yang rata-rata hanya membuka situs Anda dalam hitungan detik! Karena itu terus kembangkan situs Anda, pelajari apa yang diinginkan oleh pengunjung dan apa yang perlu diperbaiki jika ada. Anggap pengunjung adalah customer, dan customer adalah raja!
4. Masukkan situs Anda pada direktori online (entah yang gratis ataupun bayar) seperti yellow pages, situs alumni Anda, dan lain-lain yang memiliki kategorisasi dan struktur yang baik.
5. Buat artikel ataupun karya tulis lainnya, tambahkan link menuju situs Anda di dalam artikel tersebut, dan publikasikan artikel tersebut sesuai pada tempatnya. Bayangkan jika artikel Anda menarik para pembacanya, tentunya tidak sedikit yang akan penasaran membuka link situs Anda dengan harapan menemukan informasi lebih lanjut.

Sangat tidak disarankan Anda melakukan spam dengan bomb e-mail, program robot, atau dalam bentuk apapun yang mengganggu kenyamanan orang lain hanya untuk mengejar popularitas.

Memang bagi sebuah situs, popularitas juga dapat berarti uang mengalir lebih lancar. Dengan bekal statistik pengunjung yang tinggi, sebuah situs dapat menyediakan layanan pemasangan iklan dengan biaya relatif cukup mahal. Tetapi sebelum tergiur oleh popularitas dan uang, kita perlu belajar dari situs-situs yang telah populer dan mampu bertahan lama, sekali lagi, mereka selalu membangun kualitas terlebih dahulu sebelum mendapatkan kuantitas.

Semuanya kembali pada tujuan sebenarnya situs. Situs diperuntukkan agar orang lain dapat memetik manfaat, maka pengunjung merupakan juri yang sebenarnya untuk menentukan kualitas situs Anda.

Dalam jangka panjang, para pengunjung setia yang mendapatkan manfaat dari situs Andalah yang akan terus membuat situs Anda bertahan.

Batasi Kopi untuk Tamu
Situs bagaikan sebuah rumah yang terbuka bagi para tamu yang datang berkunjung. Tapi, jangan sampai Anda hanya memprioritaskan diri pada tingginya angka pengunjung, tanpa melakukan analisis lebih lanjut mengenai siapakah yang mengunjungi situs Anda. Hal ini dikarenakan tidak semua pengunjung mendatangi situs Anda untuk memperoleh sesuatu yang bermanfaat dari konten situs, di antara sekian banyak pengunjung, bisa jadi pengunjung situs Anda yang paling rajin adalah sebuah software aplikasi yang berjalan secara otomatis!

Aplikasi tersebut dikenal dengan nama Internet bots atau disingkat bots, yang dibuat dengan berbagai tujuan. Ada yang positif seperti robot search engine yang membantu mendaftarkan situs Anda ke dalam search engine, tetapi juga ada yang negatif dan dibuat untuk kepentingan tertentu, misalnya untuk mengumpulkan alamat e-mail pada setiap halaman web yang ditemui, bahkan bisa jadi untuk melakukan penyerangan Denial of Service, tentunya “tamu” yang datang dengan cara seperti ini tidak perlu diberikan secangkir kopi!

Pada akhirnya, realita yang terjadi adalah situs Anda akan popular jika kontennya memang mampu menarik banyak orang, sehingga membuat para pengunjung selalu ingin mengakses situs Anda secara berkala dan kontinyu. Jadi prioritaskan bagaimana untuk dapat menghasilkan situs yang baik dibandingkan mengejar angka pengunjung semata.

Tetapi juga, bukan berarti angka dan statistik pengunjung menjadi tidak penting, gunakan statistik dan counter untuk analisa lebih lanjut dalam mengembangkan situs Anda ke arah yang lebih baik lagi. (Sumber: PCMedia)

Antivirus XP 2009: Software Tipuan yang Terjual Hingga 158 ribu Dollar


Hacker asal Rusia menghasilkan 158.000 dollar hanya dalam 1 minggu. Dia berhasil menjual software sampah bernama Antivirus XP 2009 ke orang Amerika.

Tentu masih ingat ketika Windows terkena malware. Lalu muncul tampilan peringatan palsu, yang mengatakan computer terinfeksi virus. Dan muncul berulang ulang, bila diclick akan dihubungkan ke situs tertentu untuk membeli software Aspal.

Hasilnya software palsu ditawarkan hanya $50, pembeli yang tertipu mendapatkan software palsu Antivirus XP 2008 atau Antivirus XP 2009.

Ketika software di Install, maka akan mendeteksi beberapa virus dan malware jenis trojan. Tapi hal itu cuma akal akalan si pembuat software Aspal, biar terlihat software bekerja dengan baik. Hasilnya memang 0 besar, karena cuma kadalnya si Hacker mengelabuhi pembeli.

Serangan penipuan tersebut dilakukan oleh Hacker Rusia yang mengendalikan dari sistem Botnet. Dari mana si Hacker diketahui mendapat uang sebesar tersebut. Sebuah perusahaan mengundang si Hacker yang disebut NeoN, dan menanyakan hasil yang didapat. Katanya cukup 1 minggu untuk mendapatkan 158 ribu dollar.
Tuesday, November 18, 2008

Hasil penelitian, Laptop Berbahaya Bagi Kesehatan

Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop) sudah menjadi perangkat umum digunakan masyarakat.

Tetapi ada penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan. Ukuran notebook yang kecil membuat penguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia.

Hal ini tergantung dari berapa lama. Professor Joseph Sweere dari Northwestern Health Sciences University dan Charlotte J. Schmitz dari Ergontron. Posisi yang salah akan menyebabkan rasa sakit, dengan posisi layar monitor notebook lebih rendah dari kepala dan tangan harus lebih tinggi untuk mengetik umumnya dapat membuat sakit di 3 titik yaitu persendian tangan, tulang punggung dan tulang leher.

Posisi yang benar adalah mata harus sejajar dengan layar computer atau notebook sehingga tulang leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan kearah monitor dan titik jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook
Untuk tangan harus membentuk sudut 90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya mengunakan adaptor pada keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak mengunakan keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan mata penguna.

Dibawah ini ilustrasi yang benar, bila anda ingin berlama lama mengunakan notebook.





(www.ketok.com)

Tips Troubleshooting Komputer yang Tidak Menyala

Ketika kamu menyalakan komputer kamu di pagi hari atau di kantor, tidak ada respon sama sekali dan mungkin lampu komputer yang biasanya nyala, sekarang tidak. Ini memang hal yang mengesalkan, mungkin informasi di bawah ini bisa membantu kamu:
1. Yang perlu kamu periksa dahulu adalah apakah kabel power di komputer kamu terpasang dengan baik (tidak longgar). Periksalah semua kabel yang menghubungkan komputer, monitor, UPS atau stabilizer, apakah terpasang pada sumber listrik. Bisa jadi juga UPS atau stabilizer kamu rusak kalau tidak ada masalah pada kabel, coba jangan gunakan UPS atau stabilizer dahulu, lihat apakah komputer kamu menyala.

2. Ingat-ingat dahulu apakah kamu ada melakukan perubahan pada komputer kamu sebelumnya, seperti mengubah voltase power supply, memindahkan komputer atau mengotak-atik bagian dalam komputer, atau mengubah setting BIOS. Kalau ada kembalikan seperti semula atau periksa kembali bagian yang pernah disentuh kamu apakah terpasang dengan benar.

3. Kalau kamu ada mengubah setting BIOS, dan kamu tidak bisa mengubahnya kembali karena komputer tidak ada respon, maka kamu perlu me-reset BIOS secara manual. Baca buku petunjuk Mainboard kamu pada bagian me-reset BIOS. Lakukan dengan benar.

4. Apakah komputer kamu mengeluarkan suara bunyi 'beep' panjang atau berulang-ulang?, kalau iya, mungkiin VGA Card atau memori kamu tidak terpasang dengan baik. Cobalah buka penutup casing komputer dan cek dahulu atau cabut pasang VGA Card atau memori bila kamu sudah yakin itu penyebabnya.

Bila semua hal di atas sudah kamu lakukan, tapi komputer tetap tidak menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komputer kamu. Pada umumnya kerusakan yang mungkin terjadi:
• Kerusakan biasanya pada Power Supply, bila lampu komputer tidak menyala sama sekali.
• Kerusakan pada VGA Card, Mainboard & Memori, bila komputer menyala tapi layar monitor gelap. Kerusakan tertentu pada Harddisk bisa menyebabkan juga hal demikian
• Kerusakan pada layar monitor (LCD) bila komputer menyala dan ada suara 'beep' 1x dan lampu Harddisk menyala, dan semua kipas berjalan.
Kalau kamu mempunyai cadangan sparepart di atas dan kebetulan kamu memiliki kemampuan untuk memasang komponen tersebut, kamu bisa melakukannya sendiri. Bila tidak sebaiknya hubungi toko komputer atau orang yang ahli di bidang ini.

Bila komputer kamu masih dalam masa garansi sebaiknya hubungi toko yang menjualnya, jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri karena garansi bisa hangus bila kamu melepas komponen tertentu.(www.ketok.com)

About Me


ShoutMix chat widget
free counters