Tuesday, March 25, 2008

Olahraga Meningkatkan Kemampuan Otak

Olahraga ternyata tidak hanya membuat badan kita lebih sehat, tapi juga otak lebih cemerlang. Penelitian-penelitian oleh Society for Neuroscience (Persatuan Ilmu Syaraf) menunjukkan orang-orang yang melakukan joging rutin mampu belajar dan mengingat lebih efektif daripada mereka yang tidak joging.

Fernando Gomez-Pinilla dan kelompoknya dari Universitas California, Los Angeles, menunjukkan bahwa tikus percobaan yang diberi makanan berkadar lemah dan gula yang tinggi mengalami penurunan zat kimia otak brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF berfungsi membantu neuron otak untuk mentransfer informasi dari ingatan sementara ke ingatan permanen. Tikus dengan kadar BDNF rendah kesulitan untuk mengingat jalan labirin dibanding tikus normal.

Selain itu Fernando juga menemukan bahwa kadar BDNF yang kurang bisa dikembalikan dengan olah raga. Pada tikus, olahraga selama dua bulan mampu mengembalikan kadar BDNF ke tingkat normal.

Dr Kisou Kubota, peneliti dari Universitas Nihon Fukushi, Nagoya, Jepang menguatkan pendapat ini. Mereka membuktikan bahwa orang-orang yang melakukan joging memiliki kemampuan yang lebih baik daripada mereka yang tidak joging dalam hal belajar dan daya ingat. Belajar dan daya ingat adalah kerja dari prefrontal cortex atau otak depan yang juga mengurusi hal-hal psikologi kompleks lainnya seperti membuat keputusan, berpikir, dan perencanaan.

Penelitian ini melibatkan dua kelompok, dimana kedua kelompok sama-sama tidak joging dan
sama-sama menunjukkan hasil rata-rata 65 persen benar dalam menjawab soal.
Setelah enam minggu, kemampuan kelompok yang joging secara rutin meningkat.
Mereka berhasil menjawab secara benar 80 persen soal. Setelah 12 minggu,
kelompok yang joging secara rutin meningkat prestasinya menjadi 95 persen benar. Sebaliknya,
kelompok yang tidak joging hanya 70 persen benar. Namun, prestasi itu bisa kembali turun setelah tak berolahraga. Setelah enam minggu berhenti joging, kemampuan kelompok yang tadinya joging menjadi kembali sama dengan kelompok tidak joging.

Penelitian di Universitas Rudgers, New Brunswick, mendapatkan bahwa jalan kaki 30 menit memberikan hasil yang sama dengan jalan kaki pada waktu lebih lama. Hasil pengamatan Dr Rui Tao pada tikus yang berolahraga dengan treadmill atau roda putaran menunjukkan peningkatan kadar serotonin-zat yang mengontrol suasana hati dan antidepresi-sama saja pada tikus yang berolah raga 90 menit dengan yang 30 menit.

Jadi, kalau Anda ingin meningkatkan kinerja dan kemampuan belajar, tidak usah repot-repot. Cukup sempatkan waktu untuk jalan kaki keliling kompleks rumah selama 30 menit, setidaknya tiga kali seminggu.

Mengganti Password Administrator

Banyak sekali artikel yang bisa kita temui di dunia maya mengenai cara-cara mengganti password administrator Windows, misalnya saja melalui tool-tool yang bernama pwdump (kalau tidak salah), ada juga yang menggunakan visual basic script yang juga bisa dilihat pada artikel dalam website ini, ada juga yang bisa juga mendapatkan passwordnya setelah terlebih dulu meminjam hak administrator. Terlihat memang cara di atas sangat kreatif karena kita mendapatkan password tersebut dari hasil kerja keras(he….5x, padahal tujuannya lebih banyak untuk hal-hal yang tidak baik). Namun cara di atas kadangkala memiliki kelemahan. Misalnya saja dengan menggunakan tool pwdump, untuk mendapatkan password pada Windows, dibutuhkan waktu yang lama. Kadang hingga berjam-jam. Itu yang pernah penulis dengar. Penulis sendiri tidak pernah mencobanya. Namun penulis memilki sebuah trik yang bisa kita terapkan untuk mengganti password administrator. Tapi memang tetap menggunakan tool yang telah disediakan Windows itu sendiri. Hanya sedikit website yang pernah saya kunjungi yang pernah memuat artikel yang sama. Cara ini sendiri saya peroleh ketika tidak sengaja mengutak-atik system pada Windows. Saatnya beraksi…….. Sebelum memulai artikel ini, penulis ingin mengingatkan bahwa segala kerusakan

untuk tutorial lengkapnya download disini

Mengamankan RegEdit Dengan javascript

mengamankan sistem operasi khususnya pengamanan aplikasi yang berhubungan langsung dengan sistem. Salah satu contoh aplikasi yang berhubungan langsung dengan sistem dan sudah termasuk ke dalam bagian sistem yaitu regedit. Melalui regedit seseorang dapat mengakses keberadaan aplikasi lain yang berada dalam sistem, dan yang paling unik yaitu regedit dapat memodifikasi dirinya sendiri maupun mengunci dirinya sendiri agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak diperkenankan untuk mengakses (tentunya butuh bantuan brainware untuk melakukannya). Biasanya regedit dinonaktifkan di WARNET

ataupun rental komputer yang menyediakan jasa penggunaan komputer agar sistem operasi mereka aman dan jauh dari kalimat “install ulang”. Memang saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas dalam menonaktifkan regedit, tetapi kalau di teliti lebih lanjut aplikasi-aplikasi tersebut terlalu banyak memakan memori (boros memori) dan terkadang mengganggu jalannya aplikasi yang lainnya. Pada dasarnya windows telah menyediakan berbagai macam aplikasi maupun bahasa pemrograman yang dapat diakses sewaktu-waktu jika dibutuhkan untuk memodifikasi sistem. Program-program yang dibuat dari bahasa pemrograman di windows lebih mudah dipahami dan pastinya lebih hemat memori, aman serta efisien. Program berikut ini merupakan program sederhana yang dibuat dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman “hemat memori” yang ada di windows yaitu JavaScript. Program berikut ini digunakan untuk menonaktifkan atau mengaktifkan regedit agar lebih aman. Trik yang satu ini pernah dimuat di Tabloid PCplus pada edisi 262 (11-24 Juli 2006) melalui rubrik trik.

untuk tutorial lengkapnya download disini

Monday, March 24, 2008

Ubah registry tanpa regedit

Jika anda pernah bermain internet di WARNET (WARung interNET) pasti pernah menggunakan sebuah komputer yang benar-benar diproteksi. Contoh dari proteksi seperti Disable Regedit atau Command Prompt. Memang banyak cara untuk memodifikasi registry, tetapi apakah aman dan dimengerti oleh pengguna pemula komputer? Ada satu cara yang aman dan sangat User Interface yaitu dengan menggunakan VBS (Visual Basic Script).

Trik yang satu ini pernah dimuat di Tabloid PCplus pada edisi 245 (15-28 November 2005) melalui rubrik trik

untuk tutorial lengkapnya download disini


Proteksi control panel dengan java script


Menghentikan seseorang mengakses ke aplikasi-aplikasi sistem di komputer merupakan salah satu cara dalam mengamankan sistem operasi. Namun dalam sistem operasi terdapat satu bagian penting yang berhubungan langsung dengan hardware (perangkat keras) dan tentunya jika diakses oleh orang yang tidak berwenang akan mengakibatkan sistem menjadi crash (hang) bahkan hardware yang sedang diakses bisa jadi tidak dapat digunakan kembali. Nah, sekarang bagaimana cara mengamankan aplikasi sistem terpenting dari sistem operasi tersebut. Ikutilah petunjuk berikut ini.

Trik yang satu ini pernah dimuat di Tabloid PCplus pada edisi 279 (20 Maret - 02 April 2007) melalui rubrik trik.

untuk tutorial lengkapnya download disini

About Me


ShoutMix chat widget
free counters